Hit enter after type your search item
Geminithefilm

Kuat Kita Bersinar

img

Contoh Produk Aluminium dalam Kehidupan Sehari-hari

/
/
/
257 Views

Contoh Produk Aluminium – Aluminium dikenal sebagai logam dengan warna putih keperakan, mirip dengan perak. Namun, jika perak umumnya digunakan sebagai bahan baku perhiasan, aluminium memiliki kontribusi besar dalam kehidupan manusia.

Ini karena ada banyak bidang yang mengandalkan aluminium, misalnya di bidang industri, otomotif, dan lain sebagainya. Contoh produk aluminium antara lain kabel listrik, peralatan dapur, bahan bangunan, rangka kendaraan, dan masih banyak lagi.

1. Kabel Listrik

Kabel listrik merupakan salah satu contoh produk aluminium yang tidak begitu mencolok. Pasalnya, aluminium biasanya dikombinasikan dengan logam boron sebagai bagian dalam kabel untuk menghantarkan listrik.

Selain dapat dikombinasikan dengan boron, aluminium yang digunakan sebagai komponen utama kabel listrik juga dapat dikombinasikan dengan tembaga atau besi.

2. Peralatan Dapur

Salah satu karakteristik logam yang sangat khas adalah kemampuannya dalam menghantarkan panas dan juga listrik.

Oleh karena itulah peralatan yang digunakan di dapur seperti panci, wajan, dan lain sebagainya menggunakan logam sebagai bahan utamanya. Logam yang banyak digunakan untuk dijadikan peralatan tersebut adalah aluminium.

Dengan sifat konduktivitasnya yang tinggi, panas dari kompor dapat menyebar dengan cepat sehingga masakan pun dapat matang lebih cepat. Namun, di samping sifatnya yang dapat menyebarkan panas dengan cepat, ada alasan lain mengapa aluminium sering digunakan sebagai bahan perlengkapan dapur.

Ini karena meski mudah teroksidasi dan bereaksi dengan oksigen, aluminium merupakan logam yang tidak akan bereaksi dengan bahan kimia maupun asam yang terdapat pada makanan.

Paduan aluminium yang biasa digunakan untuk membuat peralatan dapur adalah magnesium dan kromium, contohnya adalah alumunium 5052.

3. Kemasan Makanan atau Minuman

Contoh Produk Aluminium

Jika Anda pernah mengonsumsi makanan atau minuman yang dikemas dalam kaleng, maka Anda akan tahu bahwa kemasan tersebut kuat dan tidak akan pecah meski terjatuh.

Kemasan kaleng tersebut merupakan salah satu contoh produk aluminium. Penggunaan aluminium sebagai kemasan mempertimbangkan sifat aluminium yang tidak menimbulkan korosi serta sifatnya yang aman, tidak bereaksi dengan bahan kimia di dalam makanan atau minuman.

4. Bahan Bangunan

Aluminium tidak hanya dikenal sebagai bahan baku peralatan dapur, tetapi juga digunakan pada industri konstruksi, yaitu untuk membuat bahan bangunan.

Contoh produk aluminium yang digunakan sebagai bahan bangunan antara lain kawat, paku, aluminium lembaran, pipa bangunan, dan rangka bangunan. Aluminium juga kini digunakan untuk membuat kusen jendela dan kusen pintu yang biasanya dibuat dari bahan kayu.

Hal ini dapat terjadi karena aluminium memiliki beberapa kelebihan dibanding kayu, yaitu umurnya lebih lama karena material ini tahan terhadap rayap dan juga korosi.

Sebagai bahan bangunan, penggunaan aluminium tidak terbatas pada pembangunan rumah atau bangunan lain, tetapi juga digunakan sebagai bahanĀ  baku pada proyek konstruksi jalan.

Baca juga: Simbol Bahan Kimia Berbahaya

5. Rangka Kendaraan

Selain digunakan untuk membuat bahan bangunan, aluminium juga digunakan untuk membuat rangka kendaraan, baik kendaraan darat, udara, maupun laut.

Contoh produk aluminium ini dapat ditemukan pada sepeda, mobil, kapal laut, bahkan pesawat terbang.

Sebagai material yang digunakan untuk membuat rangka kendaraan, aluminium yang dipilih adalah jenis yang kuat, tahan karat, serta mudah ditempa sehingga lebih mudah untuk disesuaikan dengan bentuk kendaraan yang diinginkan.

Material aluminium yang biasa digunakan untuk membuat rangka kendaraan adalah aluminium yang dipadukan dengan mangan yang dikenal sebagai alumunium alloy seri 5xxx, misalnya alumunium alloy 7075 untuk membuat rangka pesawat terbang.

This div height required for enabling the sticky sidebar