Hit enter after type your search item
Geminithefilm

Kuat Kita Bersinar

img

Pahami Lebih Dalam Tentang Teknik Aquarel dalam Melukis

/
/
/
142 Views

Jika Anda merupakan seseorang yang berkiprah dalam dunia seni rupa. Terlebih lagi, di bidang melukis atau menggambar. Tentu sudah sangat familiar dengan istilah teknik aquarel, bukan?. Karena hal itu merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan untuk membuat sebuah gambar.

Apa Pengertian dari Teknik Aquarel?

Pembahasan utama kali ini adalah mengenai pengertian atau definisi dari metode aquarel. Pada dasarnya, istilah tersebut mempunyai makna akan salah satu contoh teknik melukis. Dimana setiap penggunanya akan memakai cat air.

Kemudian, pelukis dapat mengaplikasikannya ke media yang berupa kanvas. Biasanya, saat mengaplikasikan cat air pada kanvas seorang pelukis akan melakukannya secara tipi-tipis.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan transparan di hasil lukisannya sendiri, bahkan menjadi fungsi utama penerapan metode squarel. Selain itu, alat yang digunakan guna menyapukan cairan tersebut dikenal sebagai kuas.

teknik melukis aquarel

Apa Saja Kelebihan yang Dimiliki Oleh Metode Aquarel?

Beralih ke pembahasan mengenai kelebihan dari penggunaan metode aquarel. Seperti yang sudah diketahui, bahwa dalam penerapan suatu metode tentu mempunyai keunggulannya tersendiri. Begitupun pada implementasi teknik ini.

Salah satu kelebihannya adalah dapat melakukan perbaikan serta pembersihan dengan lebih mudah. Hal ini biasanya dilakukan saat tidak sengaja membuat kesalahan. Lalu, menciptakan olesan yang memberikan kesan halus karena catnya gampang diserap oleh kuas. Terakhir, bisa disimpan dalam kurun waktu yang lama.

Apa Saja Jenis dari Metode Aquarel?

Ketika Anda hendak melukis menggunakan metode aquarel, perlu diketahui bahwa terdapat dua (2) jenis di dalamnya. Secara umum, kedua tipe ini disesuaikan dengan selera atau keperluan pelukisnya. Berikut ulasan terkait macam-macamnya.

1. Metode Aquarel dengan Menerapkan Tipe Wet on Wet

Pemaparan pertama mengenai jenis medote aquarel adalah wet on wet. Dalam tipe ini, biasanya akan mengalami proses penimbunan cat yang berada pada kondisi basah. Maksudnya ialah ketika Anda mengoleskan cairan warna itu ke kanvas, lalu menambahkan olesannya lagi.

Biasanya, kegiatan tersebut dilakukan saat media atau kanvas masih dalam kondisi basah. Itulah sebabnya, dikenal dengan nama wet on wet. Selain itu, penerapan metode jenis ini bertujuan untuk memberikan kesan gradasi melalui penumpukan warna.

2. Metode Aquarel dengan Menerapkan Tipe Wet on Dry

Beralih ke pembahasan kedua mengenai jenis dari metode aquarel, sering dikenal dengan sebutan wet on dry. Dari namanya saja bisa disimpulkan bahwa pada tipe ini seorang pelukis pun menumpuk cat. Akan tetapi, penumpukkannya ke media yang sudah kering.

Dengan kata lain, ketika Anda akan menambahkan warna pada kanvas. Maka, perlu menunggu lapisan atau olesan sebelumnya mengering terlebih dahulu. Biasanya, tipe ini diterapkan saat seseorang ingin memberikan kesan tajam.

Bagaimana Cara Menerapkan Metode Aquarel dalam Melukis?

Setelah mendapatkan teori atau pengetahuan dasar terkait metode ini. Lantas, tidakkah Anda ingin tahu cara penggunaan teknik aquarel ketika melukis?. Nah, pembahasan berikut akan menjelaskan bagaimana penerapannya dengan benar.

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah memutuskan akan menggunakan tema apa. Kemudian, disusul bersama pembuatan sketsa pada kanvas. Lalu, beralih ke tahap berikutnya. Anda dapat membasahi media memakai kuas basah. Baru setelah itu sudah diperbolehkan untuk mewarnai dengan cat air.

Demikianlah penjelasan mengenai definisi dari teknik aquarel. Tetapi, tidak hanya itu. Karena disini juga disertakan beberapa pemaparan terkait kelebihan, jenis, hingga cara penerapannya. Nah, dari sini Anda diharapkan bisa memulai untuk melukis dengan baik.

This div height required for enabling the sticky sidebar